KUNJUNGAN TIM MD ANDERSON CANCER CENTER USA KE LAYANAN KANKER RSUD BALI MANDARA

Kunjungan Tim MD Anderson Cancer Center USA ke Layanan Kanker Terpadu di RSUD Bali Mandara
Pada Hari Senin, 07 Februari 2023 RSUD Bali Mandara menerima kunjungan tim The University of Texas MD Anderson Cancer Center, Amerika Serikat bersama tim Rumah Sakit Kanker Dharmais Jakarta untuk melihat secara langsung pelayanan penanganan penyakit kanker di pusat layanan kanker RSUD Bali Mandara

Kunjungan tim MD Anderson Cancer Center sebagai pusat penanganan kanker terbaik No. 1 di Amerika Serikat itu dilakukan sebagai tindak lanjut dari penandatanganan nota kesepahaman (MoU) Kementerian Kesehatan dan The University of Texas MD Anderson Cancer Center untuk mengatasi masalah kanker di Indonesia.

Kunjungan ini diterima oleh Plt. Direktur RSUD Bali Mandara dr. Ketut Suarjaya MPPM di Instalasi Kanker Terpadu RSUD Bali Mandara beserta seluruh tim onkologi dan manajemen. Kegiatan ini merupakan bagian dari kolaborasi penanganan kanker di Indonesia, khususnya Bali antara Rumah Sakit Kanker Dharmais, RSUP Prof. Ngoerah Bali yang merupakan rumah sakit vertikal di Bali serta RS Provinsi yaitu RSUD Bali Mandara. Kolaborasi yang baik diantara rumah sakit tersebut beserta MD Anderson Cancer Center diharapkan akan meningkatkan kemampuan kualitas layanan khususnya kanker agar distribusi pelayanan di daerah memiliki kualitas yang sama atau mendekati dengan layanan di pusat.

Tim MD Anderson Cancer Center dengan didampingi Plt. Direktur , tim onkologi RSUD Bali Mandara berkeliling di gedung Instalasi Kanker Terpadu (INKAT) RSUD Bali Mandara untuk melihat layanan penanganan kanker, juga melihat fasilitas yang dimiliki INKAT. Tim MD Anderson Cancer Center sangat antusias melihat fasilitas lengkap dan modern yang dimiliki INKAT, seperti poliklinik kanker terpadu, ruang kemoterapi, ruang pencampuran obat kemoterapi, ruang rapat tim Onkologi, ruang radioterapi, ruang MRI dan juga ruang kedokteran nuklir. Mereka juga sangat antusias berdiskusi dengan tim onkologi RSUD Bali Mandara yang terdiri dari para dokter ahli kanker terbaik di bidangnya, para perawat tersertifikasi layanan kemoterapi dan radioterapi, para apoteker tersertifikasi serta ahli-ahli lainnya yang memberikan layanan di INKAT. Mereka juga memberikan pujian karena layanan kanker di RSUD Bali Mandara telah dilakukan dengan budaya layanan yang berpusat ke pasien, jadi setiap pasien kanker mendapatkan penanganan sesuai kebutuhan pasien masing-masing dan ditangani oleh tim multidisiplin secara komprehensif.

Kedepannya karena MD Anderson Cancer Center sudah terkemuka sebagai pusat penanganan kanker terbaik di dunia maka diharapkan akan ada kerjasama dalam hal mengirimkan perwakilan ke mereka atau sebaliknya mereka mengirimkan ahli ke Indonesia untuk saling berbagi pengetahuan, kemudian penelitian untuk pengembangan layanan kanker yang modern dan berstandar internasional di Bali.

Plt. Direktur RSUD Bali Mandara menyatakan dengan memiliki pusat layanan kanker terpadu dan kerjasama tersebut maka kedepannya RSUD Bali Mandara diharapkan bisa menjadi pusat layanan kanker untuk wilayah Bali, NTB, NTT dan sekitarnya.

https://youtube.com/shorts/Fo5v9VRlcig?feature=share

Translate »