PELAYANAN STERILISASI
DI UNIT CSSD INSTALASI CENTRAL STERILE SUPPLY DEPARTMENT (CSSD) DAN LAUNDRY
A. LATAR BELAKANG
Rumah sakit sebagai salah satu sarana pelayanan kesehatan, memiliki peran yang sangat penting dalam meningkatkan derajat kesehatan masyarakat. Central Sterile Supply Department (CSSD) merupakan bagian dari fasilitas kesehatan yang bertanggung jawab atas dekontaminasi peralatan invasif pakai ulang. Kegiatan dekontaminasi yang meliputi pembersihan, disinfeksi, dan sterilisasi adalah tulang punggung pencegahan dan pengendalian infeksi. Sterilisasi sentral memberikan pelayanan penyediaan peralatan invasif pakai ulang yang aman untuk berbagai macam prosedur klinis di seluruh lingkungan fasilitas kesehatan, seperti kamar operasi, ruang intensif, rawat inap, rawat jalan, ruang endoskopi dan layanan lainnya.
Unit Central Sterile Supply Department (CSSD) RSUD Bali Mandara memberikan pelayanan 24 jam yang didukung oleh tenaga yang terlatih untuk menyediakan instrumen, linen, dan Bahan Habis Pakai (BHP) yang steril. Peran dari sentralisasi sentral yaitu melakukan penerimaan instrumen, pembersihan, disinfeksi, pengemasan, sterilisasi, penyimpanan, dan distribusi peralatan kesehatan.
Unit Central Sterile Supply Department (CSSD) RSUD Bali Mandara dilengkapi dengan sarana untuk mendukung keberhasilan proses sterilisasi seperti Washer Disinfector, Drying Cabinet, Sealer, Mesin Sterilisasi Suhu Tinggi (Steam), dan Mesin Sterilisasi Suhu Rendah (Plasma).
Ruangan yang terdapat di Unit Central Sterile Supply Department (CSSD) RSUD Bali Mandara yaitu:
- Ruang Dekontaminasi
Berfungsi untuk menerima instrumen kotor dari ruang pelayanan dan proses pencucian instrumen.
- Ruang Pengemasan
Berfungsi untuk menerima instrumen yang sudah dilakukan proses pencucian dan disinfeksi untuk dilanjutkan ke tahapan pengeringan menggunakan Drying Cabinet, mengecek jumlah instrumen menggunakan formulir, mengecek kondisi instrumen dan dilakukan perawatan dengan memberikan pelumas (Lubricant), pengemasan, dan pemberian indikator kimia (internal dan eksternal). Setelah itu dilanjutkan dengan tahapan sterilisasi menggunakan mesin sterilisasi suhu tinggi (Steam) / suhu rendah (Plasma) menyesuaikan dengan bahan dan kegunaan dari instrumen tersebut.
- Ruang Penyimpanan
Berfungsi sebagai ruangan untuk menyimpan instrumen yang sudah selesai dilakukan sterilisasi dengan sarana rak penyimpanan untuk mengelompokkan instrumen dari ruang pelayanan.
- Ruang Pelipatan Kasa
Berfungsi sebagai ruangan untuk memproduksi kasa yang diperlukan unit layanan.
- Ruang Distribusi
Berfungsi sebagai ruangan untuk distribusi instrumen, linen, dan BHP steril.
- Loker Petugas
Berfungsi sebagai ruangan untuk menaruh barang milik petugas CSSD.
B. STANDAR PELAYANAN
Terlampir
C. REGULASI
Dalam melaksanakan tugas di Unit Central Sterile Supply Department (CSSD) RSUD Bali Mandara mengacu pada Pedoman / Kebijakan sebagai dasar dalam melaksanakan kegiatan sterilisasi yang aman dan bermutu, yaitu:
- Peraturan Menteri Kesehatan Republik Indonesia Nomor 27 Tahun 2017 tentang Pedoman Pencegahan dan Pengendalian Infeksi di Fasilitas Pelayanan Kesehatan.
- Peraturan Menteri Kesehatan Republik Indonesia Nomor 7 Tahun 2019 tentang Kesehatan Lingkungan Rumah Sakit.
- Pedoman Pelayanan Sterilisasi Sentral di Fasilitas Pelayanan Kesehatan Edisi 2, Perkumpulan Praktisi Sentral Sterilisasi Indonesia, Tahun 2023.
- Keputusan Direktur Rumah Sakit Umum Daerah Bali Mandara Provinsi Bali Nomor B.37.188.4/49511/HHP/RSBM Tentang Pemberlakuan Pedoman Pelayanan Sterilisasi Instalasi Central Sterile Supply Department dan Laundry Pada Rumah Sakit Umum Daerah Bali Mandara Provinsi Bali.
- Keputusan Direktur Rumah Sakit Umum Daerah Bali Mandara Provinsi Bali Nomor 13444 Tahun 2024 Tentang Pembentukan Struktur Organisasi dan Uraian Tugas di Instalasi Central Sterile Supply Department dan Laundry Pada Rumah Sakit Umum Daerah Bali Mandara Provinsi Bali.
- Keputusan Direktur Rumah Sakit Umum Daerah Bali Mandara Provinsi Bali Nomor B.43.100.3.3/13442/HHP/RSBM Tentang Pemberian Waktu Kadaluarsa (Expired Date) di Unit Central Sterile Supply Department di Instalasi Central Sterile Supply Department dan Laundry Pada Rumah Sakit Umum Daerah Bali Mandara Provinsi Bali.
D. SDM
E. ALUR PELAYANAN STERILISASI
F. PRODUK
Produk yang dihasilkan di Unit Central Sterile Supply Department (CSSD) yaitu:
- Instrumen steril
- Linen steril
- BHP steril (kasa)
G. INDIKATOR MUTU & CAPAIAN
NO | JUDUL INDIKATOR | STANDAR | CAPAIAN (BULAN) | |||||
JAN | FEB | MAR | APR | MEI | JUNI | |||
1 | Tidak adanya kejadian instrumen yang rusak (patah dan karat) | 100% | 100% | 100% | 100% | 100% | 100% | 100% |
2 | Keberhasilan tes indikator pada proses sterilisasi | |||||||
a | Indikator kimia dan mekanik | 100% | 100% | 100% | 100% | 100% | 100% | 100% |
b | Indikator biologi | 100% | 100% | 100% | 100% | 100% | 100% | 100% |
3 | Ketepatan waktu penyelesaian proses sterilisasi instrumen kotor ≤ 1 hari | 95% | 99,74% | 99,72% | 99,85% | 99,76% | 99,89% | 99,89% |
H. DOKUMENTASI
Lampiran