INDIKATOR MUTU

A. Indikator Mutu Nasional

1. Kepatuhan Kebersihan Tangan

    Indikator kepatuhan kebersihan tangan di RSUD Bali Mandara pada bulan Januari-Maret 2024 sudah sesuai dengan standar nasional (>85%).

    2. Kepatuhan Penggunaan APD

    Kepatuhan Penggunaan APD di RSUD Bali Mandara periode Januari – Maret 2024 sudah sesuai dengan standar nasional (100%).

    3. Waktu tanggap OP SC Emergency <30 Menit

    Waktu tanggap OP SC Emergency <30 Menit pada periode bulan Januari-Maret 2024 sudah sesuai standar nasional (>80%).

    4. Waktu Lapor Hasil Kritis

    Waktu lapor hasil kritis di RSUD Bali Mandara periode Januari – Maret 2024 sudah sesuai dengan standar nasional (100%)

    5. Kepatuhan Penggunaan Fornas

    Kepatuhan penggunaan formularium nasional di RSUD Bali Mandara periode Januari – Maret 2024 sudah sesuai dengan standar nasional (≥80%).

    6. Kepatuhan Upaya Pencegahan  Resiko Cedera Akibat Pasien Jatuh

    Indikator kepatuhan upaya pencegahan risiko cedera akibat pasien jatuh di RSUD Bali Mandara pada bulan Januari – Februari mengalami fluktuasi dan belum sesuai dengan standar (100%) dikarenakan pengisian form dokumen assesmen resiko jatuh belum lengkap. Pada bulan Maret 2024 sudah sesuai dengan standar (100%).

    7. Kepatuhan Identifikasi Pasien

    Indikator kepatuhan identifikasi pasien di RSUD Bali Mandara sudah sesuai dengan standard nasional (100%).

    8. Waktu Tunggu Rawat Jalan ≤ 60 Menit

    Indikator waktu tunggu rawat jalan ≤ 60 menit di RSUD Bali Mandara periode Januari – Maret 2024 sudah sesuai dengan Standar Nasional  (≥80%).

    9. Penundaan Operasi Elektif

    Penundaan operasi elektif di RSUD Bali Mandara periode Januari – Maret 2024 sudah sesuai dengan standar nasional (<5%).

    10. Ketepatan Waktu Visite Dokter

    Ketepatan waktu visite dokter di RSUD Bali Mandara periode Januari – Maret 2024 sudah sesuai dengan standar nasional (≥80%).

    11. Kepuasan Pasien dan Keluarga

    NO Januari – Maret 2024Mutu PelayananKinerja Unit Pelayanan
    1.Indeks Kepuasan Masyarakat Terhadap Pelayanan Kesehatan di Rumah Sakit87,09BBaik
    Indikator indeks kepuasan masyarakat terhadap pelayanan kesehatan di rumah sakit periode Januari-Maret 2024 RSUD Bali Mandara adalah 87,09 Mutu Pelayanan B dengan Kinerja Unit Pelayanan Baik.

    12. Kepatuhan Terhadap Pelaksanaan Alur Klinis (Clinical Pathway)



    Bulan



    Capaian



    Standar



    Jan-24



    Tidak ada kasus



    ≥80%



    Feb-24



    Tidak ada kasus



    ≥80%



    Mar-24



    Tidak ada kasus



    ≥80%


    Table diatas menunjukkan capaian Indikator Kepatuhan terhadap Pelaksanaan Alur Klinis sejak bulan Januari 2024. Pada Triwulan I tidak terdapat kasus yang sesuai dengan kriteria inklusi. CPW yang digunakan untuk Indikator Nasional Mutu adalah kasus Ketoasidosis Diabetikum, Ca mammae, HIV dengan PCP tanpa penyulit, TB Paru dengan TB Fase intensif, Hipertensi dengan krisis hipertensi.

    13. Kecepatan Respon Terhadap Komplain

    Indikator kecepatan respon terhadap komplain di RSUD Bali Mandara periode Januari – Maret 2024 sudah sesuai dengan standar Nasional (≥80%).

    B. Indikator Mutu Prioritas Rumah Sakit

    1. Kepatuhan Penggunaan Gelang Identifikasi Pasien Rawat Inap

    Indikator Kepatuhan penggunaan gelang identifikasi pasien rawat inapdi RSUD Bali Mandara sudah sesuai dengan standard (100%).

    2. Persentase Pelaksanaan Komunikasi Efektif Verbal atau Via Telepon Yang Dilakukan Tbak dan Verif Dalam 1×24 jam

    Indikator tercapainya persentase pelaksanaan komunikasi efektif verbal atau via   telepon yang dilakukan TbaK dan Verif dalam 1 x 24 jam di RSUD Bali Mandara mengalami fluktuasi pada periode Januari – Maret 2024 karena belum semua petugas mendapatkan pelatihan komunikasi efektif.

    3. Kepatuhan Pemberian Label Obat High Alert Oleh Farmasi di Gudang Obat Farmasi

    Indikator tercapainya kepatuhan pemberian label obat high alert oleh farmasi di gudang obat farmasi RSUD Bali Mandara periode Januari-Maret 2024 sudah sesuai standar (100%).

    4. Persentase Pelaksanaan Prosedur Marking Site

    Indikator tercapainya persentase pelaksanaan prosedur marking site di RSUD Bali Mandara pada periode Januari –  Maret 2024 belum sesuai standar (100%) di karenakan belum lengkapnya pengisian pada lembar form assesmen pra bedah di data subyektif dan obyektif oleh DPJP.

    5. Kelengkapan Fasilitas Kebersihan Tangan

    Capaian indikator Kelengkapan fasilitas kebersihan tangan di RSUD Bali Mandara pada bulan Januari-Maret 2024 sudah sesuai dengan standar nasional (≥85%).

    6. Kelengkapan Penanda Risiko Jatuh Di Bed Pasien

    Indikator Kelengkapan Penanda Risiko Jatuh Di Bed Pasien di RSUD Bali Mandara belum sesuai dengan standar (85%) dikarenakan belum lengkapnya tertempel penanda risiko jatuh pada bed pasien karena terbatasnya ketersediaan penanda risiko jatuh.

    7. Ketepatan Waktu Penyelesaian Kemoterapi Sesuai Protokol Kemoterapi

    Capaian indikator Ketepatan Waktu Penyelesaian Kemoterapi Sesuai Protokol Kemoterapi di RSUD Bali Mandara pada bulan Januari-Maret 2024 belum sesuai dengan standar nasional (90%) dikarenakan ada berberapa pasien dengan kondisi tertentu (pasien datang tidak tepat waktu, cemas, nyeri, pada saat obat kemoterapi diberikan , memerlukan pemantauan lebih lama setelah kemoterapi) sehingga penyelesaian obat kemoterapi tidak sesuai jadwal.

    8. Peningkatan Cost Recovery Rate

    Peningkatan Cost Recovery Rate
    Tahun2023
    persentase99%
    Peningkatan Cost Recovery Rate pada tahun 2023 sebesar 99% oleh karena adanya pengalihan anggaran ke tahun 2024.

    9. Pelaksanaan Rekam Medis Elektronik

    Capaian indikator Pelaksanaan Rekam Medis Elektronik di RSUD Bali Mandara pada bulan Januari-Maret 2024 belum sesuai dengan standar nasional (100%) dikarenakan kurangnya alat-alat penunjang dalam penerapan elektronik rekam medis dan jaringan internet yang belum stabil.

    10. Persentase Komplain Terkait Registrasi / Pendaftaran

    Indikator Persentase pelanggan yang komplain terkait registrasi/pendaftaran di RSUD Bali mandara pada bulan Januari-Maret 2024 sudah sesuai dengan standar yang ditetapkan (≤10%).

    11. Tingkat kepuasan peserta didik terhadap penyelenggara pendidikan di RSUD Bali Mandara

    Indikator tingkat kepuasan peserta didik terhadap penyelenggara pendidikan di RSUD Bali Mandara pada bulan Januari-Maret 2024 sudah sesuai dengan standar yang ditetapkan (85%).

    DATA INSIDEN KESELAMATAN PASIEN

    DATA TREND INSIDEN

    BULAN JANUARI MARET TAHUN 2024

    No.Indikator Trend InsidenStandarJanuariFebruariMaret3 Bulan
    1Kejadian reaksi transfusi pada saat kegiatan transfusi darah (Laboratorium)Tidak ada kejadianTidak ada kejadianTidak ada kejadian11
    2Insiden serius akibat efek samping obat (IGD, IRNA,IBSA)Tidak ada kejadianTidak ada kejadianTidak ada kejadianTidak ada kejadianTidak ada kejadian
    3Insiden kesalahan penggunaan obat (medical error) meliputi Sentinel, KTC, KNC, KTD (IGD, IRNA, IBSA)Tidak ada kejadian52411
    4Ketidaksesuaian  identifikasi pasienTidak ada kejadian43310
    5Ketidaksesuaian diagnosa medik Pre dan Post Operasi (IBSA)Tidak ada kejadianTidak ada kejadianTidak ada kejadianTidak ada kejadianTidak ada kejadian
    6Kejadian de-saturasi O2 selama anestesi umum (IBSA)Tidak ada kejadianTidak ada kejadianTidak ada kejadianTidak ada kejadianTidak ada kejadian
    7Insiden dekubitus (IRNA)Tidak ada kejadianTidak ada kejadianTidak ada kejadianTidak ada kejadianTidak ada kejadian
    8Insiden pasien jatuh (IGD, IRNA, IBSA)Tidak ada kejadian1Tidak ada kejadianTidak ada kejadian1
    Dari tabel di atas terdapat 23 kejadian yang berkaitan dengan kesalahan penggunaan obat, reaksi transfusi, pasien jatuh dan identifikasi pasien , di dominasi dengan kesalahan etiket  obat, jenis obat, dan dosis obat  dari bulan Januari – Maret 2024 bisa disebabkan karena penempatan obat dan human error.
    Translate »
    Skip to content