A. Indikator Mutu Nasional
1. Kepatuhan Kebersihan Tangan

Indikator kepatuhan kebersihan tangan di RSUD Bali Mandara pada bulan Januari-Maret 2024 sudah sesuai dengan standar nasional (>85%).
2. Kepatuhan Penggunaan APD

Kepatuhan Penggunaan APD di RSUD Bali Mandara periode Januari – Maret 2024 sudah sesuai dengan standar nasional (100%).
3. Waktu tanggap OP SC Emergency <30 Menit

Waktu tanggap OP SC Emergency <30 Menit pada periode bulan Januari-Maret 2024 sudah sesuai standar nasional (>80%).
4. Waktu Lapor Hasil Kritis

Waktu lapor hasil kritis di RSUD Bali Mandara periode Januari – Maret 2024 sudah sesuai dengan standar nasional (100%)
5. Kepatuhan Penggunaan Fornas

Kepatuhan penggunaan formularium nasional di RSUD Bali Mandara periode Januari – Maret 2024 sudah sesuai dengan standar nasional (≥80%).
6. Kepatuhan Upaya Pencegahan Resiko Cedera Akibat Pasien Jatuh

Indikator kepatuhan upaya pencegahan risiko cedera akibat pasien jatuh di RSUD Bali Mandara pada bulan Januari – Februari mengalami fluktuasi dan belum sesuai dengan standar (100%) dikarenakan pengisian form dokumen assesmen resiko jatuh belum lengkap. Pada bulan Maret 2024 sudah sesuai dengan standar (100%).
7. Kepatuhan Identifikasi Pasien

Indikator kepatuhan identifikasi pasien di RSUD Bali Mandara sudah sesuai dengan standard nasional (100%).
8. Waktu Tunggu Rawat Jalan ≤ 60 Menit

Indikator waktu tunggu rawat jalan ≤ 60 menit di RSUD Bali Mandara periode Januari – Maret 2024 sudah sesuai dengan Standar Nasional (≥80%).
9. Penundaan Operasi Elektif

Penundaan operasi elektif di RSUD Bali Mandara periode Januari – Maret 2024 sudah sesuai dengan standar nasional (<5%).
10. Ketepatan Waktu Visite Dokter

Ketepatan waktu visite dokter di RSUD Bali Mandara periode Januari – Maret 2024 sudah sesuai dengan standar nasional (≥80%).
11. Kepuasan Pasien dan Keluarga
NO | Januari – Maret 2024 | Mutu Pelayanan | Kinerja Unit Pelayanan | |
1. | Indeks Kepuasan Masyarakat Terhadap Pelayanan Kesehatan di Rumah Sakit | 87,09 | B | Baik |
12. Kepatuhan Terhadap Pelaksanaan Alur Klinis (Clinical Pathway)
Bulan | Capaian | Standar |
Jan-24 | Tidak ada kasus | ≥80% |
Feb-24 | Tidak ada kasus | ≥80% |
Mar-24 | Tidak ada kasus | ≥80% |
Table diatas menunjukkan capaian Indikator Kepatuhan terhadap Pelaksanaan Alur Klinis sejak bulan Januari 2024. Pada Triwulan I tidak terdapat kasus yang sesuai dengan kriteria inklusi. CPW yang digunakan untuk Indikator Nasional Mutu adalah kasus Ketoasidosis Diabetikum, Ca mammae, HIV dengan PCP tanpa penyulit, TB Paru dengan TB Fase intensif, Hipertensi dengan krisis hipertensi.
13. Kecepatan Respon Terhadap Komplain

Indikator kecepatan respon terhadap komplain di RSUD Bali Mandara periode Januari – Maret 2024 sudah sesuai dengan standar Nasional (≥80%).
B. Indikator Mutu Prioritas Rumah Sakit
1. Kepatuhan Penggunaan Gelang Identifikasi Pasien Rawat Inap

Indikator Kepatuhan penggunaan gelang identifikasi pasien rawat inapdi RSUD Bali Mandara sudah sesuai dengan standard (100%).
2. Persentase Pelaksanaan Komunikasi Efektif Verbal atau Via Telepon Yang Dilakukan Tbak dan Verif Dalam 1×24 jam

Indikator tercapainya persentase pelaksanaan komunikasi efektif verbal atau via telepon yang dilakukan TbaK dan Verif dalam 1 x 24 jam di RSUD Bali Mandara mengalami fluktuasi pada periode Januari – Maret 2024 karena belum semua petugas mendapatkan pelatihan komunikasi efektif.
3. Kepatuhan Pemberian Label Obat High Alert Oleh Farmasi di Gudang Obat Farmasi

Indikator tercapainya kepatuhan pemberian label obat high alert oleh farmasi di gudang obat farmasi RSUD Bali Mandara periode Januari-Maret 2024 sudah sesuai standar (100%).
4. Persentase Pelaksanaan Prosedur Marking Site

Indikator tercapainya persentase pelaksanaan prosedur marking site di RSUD Bali Mandara pada periode Januari – Maret 2024 belum sesuai standar (100%) di karenakan belum lengkapnya pengisian pada lembar form assesmen pra bedah di data subyektif dan obyektif oleh DPJP.
5. Kelengkapan Fasilitas Kebersihan Tangan

Capaian indikator Kelengkapan fasilitas kebersihan tangan di RSUD Bali Mandara pada bulan Januari-Maret 2024 sudah sesuai dengan standar nasional (≥85%).
6. Kelengkapan Penanda Risiko Jatuh Di Bed Pasien

Indikator Kelengkapan Penanda Risiko Jatuh Di Bed Pasien di RSUD Bali Mandara belum sesuai dengan standar (85%) dikarenakan belum lengkapnya tertempel penanda risiko jatuh pada bed pasien karena terbatasnya ketersediaan penanda risiko jatuh.
7. Ketepatan Waktu Penyelesaian Kemoterapi Sesuai Protokol Kemoterapi

Capaian indikator Ketepatan Waktu Penyelesaian Kemoterapi Sesuai Protokol Kemoterapi di RSUD Bali Mandara pada bulan Januari-Maret 2024 belum sesuai dengan standar nasional (90%) dikarenakan ada berberapa pasien dengan kondisi tertentu (pasien datang tidak tepat waktu, cemas, nyeri, pada saat obat kemoterapi diberikan , memerlukan pemantauan lebih lama setelah kemoterapi) sehingga penyelesaian obat kemoterapi tidak sesuai jadwal.
8. Peningkatan Cost Recovery Rate
Peningkatan Cost Recovery Rate | |
Tahun | 2023 |
persentase | 99% |
9. Pelaksanaan Rekam Medis Elektronik

Capaian indikator Pelaksanaan Rekam Medis Elektronik di RSUD Bali Mandara pada bulan Januari-Maret 2024 belum sesuai dengan standar nasional (100%) dikarenakan kurangnya alat-alat penunjang dalam penerapan elektronik rekam medis dan jaringan internet yang belum stabil.
10. Persentase Komplain Terkait Registrasi / Pendaftaran

Indikator Persentase pelanggan yang komplain terkait registrasi/pendaftaran di RSUD Bali mandara pada bulan Januari-Maret 2024 sudah sesuai dengan standar yang ditetapkan (≤10%).
11. Tingkat kepuasan peserta didik terhadap penyelenggara pendidikan di RSUD Bali Mandara

Indikator tingkat kepuasan peserta didik terhadap penyelenggara pendidikan di RSUD Bali Mandara pada bulan Januari-Maret 2024 sudah sesuai dengan standar yang ditetapkan (85%).
DATA INSIDEN KESELAMATAN PASIEN
DATA TREND INSIDEN
BULAN JANUARI – MARET TAHUN 2024
No. | Indikator Trend Insiden | Standar | Januari | Februari | Maret | 3 Bulan |
1 | Kejadian reaksi transfusi pada saat kegiatan transfusi darah (Laboratorium) | Tidak ada kejadian | Tidak ada kejadian | Tidak ada kejadian | 1 | 1 |
2 | Insiden serius akibat efek samping obat (IGD, IRNA,IBSA) | Tidak ada kejadian | Tidak ada kejadian | Tidak ada kejadian | Tidak ada kejadian | Tidak ada kejadian |
3 | Insiden kesalahan penggunaan obat (medical error) meliputi Sentinel, KTC, KNC, KTD (IGD, IRNA, IBSA) | Tidak ada kejadian | 5 | 2 | 4 | 11 |
4 | Ketidaksesuaian identifikasi pasien | Tidak ada kejadian | 4 | 3 | 3 | 10 |
5 | Ketidaksesuaian diagnosa medik Pre dan Post Operasi (IBSA) | Tidak ada kejadian | Tidak ada kejadian | Tidak ada kejadian | Tidak ada kejadian | Tidak ada kejadian |
6 | Kejadian de-saturasi O2 selama anestesi umum (IBSA) | Tidak ada kejadian | Tidak ada kejadian | Tidak ada kejadian | Tidak ada kejadian | Tidak ada kejadian |
7 | Insiden dekubitus (IRNA) | Tidak ada kejadian | Tidak ada kejadian | Tidak ada kejadian | Tidak ada kejadian | Tidak ada kejadian |
8 | Insiden pasien jatuh (IGD, IRNA, IBSA) | Tidak ada kejadian | 1 | Tidak ada kejadian | Tidak ada kejadian | 1 |