PELAYANAN KOMPREHENSIF

UPTD. RSUD Bali Mandara Provinsi Bali menyediakan pelayanan komprehensif diantaranya sebagai berikut :

A. PELAYANAN ESWL (Extracorporeal Shock-Ware Lithotripsy)

UPTD RSUD Bali Mandara Provinsi Bali menyediakan pelayanan terapi ESWL bagi masyarakat Bali khususnya bagi yang mengalami masalah batu ginjal. Keberhasilan terapi ini terhitung cukup tinggi, dan juga pelayanan ini dilayani oleh tenaga yang professional dan mahir.  Terapi ESWL merupakan salah satu metode untuk mengatasi batu saluran kemih, termasuk batu ginjal. Dengan menggunakan terapi ESWL, maka sebagian besar batu saluran kemih dapat dipecahkan tanpa operasi. Pada dasarnya ESWL (Extracorporeal Shock-Ware Lithotripsy) adalah tembakan batu dari luar tubuh. Batu saluran kemih dapat dipecahkan dengan gelombang kejut tanpa membuat luka. Setelah melakukan ESWL, pasien dapat langsung pulang. Keunggulan:

  1. Prosedur dilakukan non invasif atau tanpa operasi
  2. Dapat dilakukan dengan rawat jalan atau One Day Care
  3. Minimum rasa nyeri/sakit
  4. Proses pemulihan yang lebih cepat
  5. Tindakan lebih aman, efektif dan biaya terjangkau (cost effective)

B. PELAYANAN BRONKOSKOPI

Bronkoskopi adalah prosedur yang dilakukan oleh dokter spesialis Paru untuk melihat kelainan pada saluran napas, paru atau kelenjar getah bening. Alat untuk memeriksa Bronkoskopi disebut bronkoskop. Bronkoskopi umumnya dilakukan untuk mengevaluasi temuan yang tidak normal pada pemeriksaan fisis paru, foto toraks atau CT scan toraks dan untuk memperoleh sampel jaringan/biopsi atau sekret untuk pemeriksaan laboratorium. Bronkoskopi juga digunakan untuk mendiagnosis masalah pernapasan seperti: batuk yang berkepanjangan, sulit bernapas, batuk darah. Keunggulan tindakan Bronkoskopi yaitu tindakan yang minimal invasif dengan komplikasi yang juga minimal. UPTD RSUD Bali Mandara Provinsi Bali siap melayani masyarakat Bali dengan Motto kami yaitu CAKRA, Cepat, Aman, komunikatif, Ramah dan Akuntabel.

C. PELAYANAN ENDOSKOPI

UPTD. RSUD Bali Mandara Provinsi Bali menyediakan pelayanan Endoskopi yang merupakan terapi khusus untuk mengatasi masalah pencernaan, diagnostik atau terapeutik. Endoskopi adalah teknik layanan canggih untuk memeriksa saluran induk pencernaan secara visual dengan melihat langsung ke monitor untuk mendeteksi berbagai anomali. Dilakukan dengan memasukkan alat yang disebut endoskop ke dalam tubuh pasien. Tindakan Endoskopi dapat dibedakan menjadi 2 :

  1. Gastroskopi: untuk melihat dan mengetahui keadaan bagian dalam saluran cerna bagian atas dan melakukan tindakan terapi atau pengobatan dalam rongga saluran cerna bagian atas mulai dari tenggorokan (esofagus), lambung (maag), sampai ke usus 12 jari.
  2. Kolonoskopi : untuk melihat dan mengetahui keadaan bagian dalam saluran cerna bagian bawah dan melakukan tindakan terapi atau pengobatan dalam rongga saluran  cerna bagian bawah (usus besar).

Keunggulan Endoskopi Saluran Pencernaan

  1. Dapat melihat dengan jelas lokasi dan jenis kelainan dalam rongga saluran cerna secara langsung pada penderita dengan bantuan monitor dalam waktu singkat serta akurasi yang tinggi. Dapat dilakukan biopsy untuk pemeriksaan Patologi Anatomi sehinggga dapat diketahui kelainan secara pasti. Hasil pemeriksaan dapat langsung dicetak, kelainan langsung didiagnosis dan segera ditentukan cara mengatasinya.
  2. Dapat dipakai untuk melakukan tindakan pengobatan kelainan saluran cerna (atas dan bawah), dengan resiko yang jauh lebih ringan dari pada operasi.
  3. Pada kondisi tertentu dapat menggantikan fungsi tindakan operasi, lebih nyaman, biaya lebih murah, dan rawat inap lebih singkat.
  4. Dapat juga dilakukan pada bayi dan anak-anak. Untuk kenyamanan dan mengurangi trauma selama tindakan dapat dilakukan pembiusan umum.

D. PELAYANAN ECHOCARDIOGRAPHY & TREADMILL

UPTD. RSUD Bali Mandara menyediakan pelayanan Echocardiography atau ultrasound jantung yang merupakan suatu teknik pemeriksaan jantung dan pembuluh darah besar dengan menggunakan gelombang suara-ultra (ultrasound). Pemeriksaan ini merupakan suatu pemeriksaan penunjang untuk menegakkan diagnosis, menentukan tata laksana, dan memprediksi prognosis kasus-kasus penyakit jantung dan pembuluh darah. Dengan ekokardiografi dapat di evaluasi morfologi ruang-ruang dan katup-katup jantung, serta fungsi dan kondisi hemodinamik (tanpa memasukkan alat ke dalam tubuh), sehingga relatif tidak memiliki risiko atau efek samping.

Selain Echocardiography dan EKG, UPTD RSUD Bali Mandara juga menyediakan tes treadmill untuk membantu mengetahui masalah pada jantung pasien.  sebagian besar tes treadmill  digunakan untuk membantu dokter menentukan apakah Anda menerima oksigen yang cukup dan aliran darah yang cukup pada saat dibutuhkan, seperti kompilasi yang Anda lakukan. Tes ini menyarankan untuk orang-orang yang telah memperbaiki dada atau gejala lain dari penyakit jantung koroner (juga disebut penyakit arteri koroner).  Tes treadmill juga dapat digunakan untuk membantu menentukan tingkat kesehatan Anda, terutama jika Anda memulai program olahraga baru. Ini memungkinkan dokter Anda untuk tingkat latihan apa yang bisa Anda jalani dengan aman.