EDUKASI PENGGUNAAN MASKER DI ERA PANDEMI COVID-19

Corona Virus Disease 2019 adalah penyakit menular yang disebabkan oleh Severe Acute Respiratory Syndrome Coronavirus 2 (SARS-CoV-2) Penularan Covid-19 ada dua cara yaitu melalui droplet dan kontak. Droplet merupakan partikel air yang berukuran sangat kecil dan biasanya keluar saat batuk atau bersin. Penularan melalui kontak dimungkinkan dengan dua cara yaitu kontak langsung dengan penderita atau kontak tidak langsung dengan lingkungan yang terkontaminasi oleh droplet penderita. Sehingga masyarakat wajib menerapkan 3M yaitu, mencuci tangan, menggunakan masker yang benar dan menjaga jarak minimal 1,8 meter untuk mencegah kerumumanan.

Penggunaan masker yang tepat adalah langkah yang dapat dilakukan oleh semua orang untuk mengurangi resiko tertular dan menularkan Covid-19. Ketentuan penggunaan masker selalu mengalami perubahan sesuai dengan bukti-bukti ilmiah baru yang update. Centers of Desease Control and Prevention (CDC) pada Februari tahun 2021 mengeluarkan pedoman yang terbaru terkait penggunaan masker yaitu : meningkatkan proteksi masker dengan meningkatkan kesesuaian (fit) dan filtrasi. Meningkatkan kesesuaian (fit) dimaksud yaitu masker yang digunakan harus pas dengan wajah agar tidak menyebabkan adanya gap/ruang yang menyebabkan kebocoran droplet dari sudut masker baik dari luar maupun dari dalam, dan meningkatkan filtrasi yang dimaksud adalah semakin banyak lapisan, maka droplet yang ditangkap juga semakin banyak baik itu dari dalam maupun dari luar.

Dalam video ini dapat kita saksikan bersama langkah-langkah menggunakan masker yang tepat serta rekomendasi penggunaan masker yang terbaru yang dikeluarkan oleh CDC tahun 2021. Semoga bermanfaat dan salam sehat untuk kita semua.

#CORONA #penggunaanmasker